"SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI,TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT-SOBAT SEKALIAN,JANGAN LUPA UNTUK TINGGALKAN KOMENTAR DAN TETAP KUNJUNGI BLOG INI YAH TERIMAKASIH,ARIGATOU GOZAIMASU O TOMODACHI"
  • Posted by : Unknown Rabu, 18 Februari 2015




    Asalamualaikum.wr.wb
    Hai sobat ,seperti sudah di sebutkan  judul di atas ,saya ingin berbagi pengalaman dan informasi waktu ujian UPK tahun 2015 yg diadakan pada bulan febuari akhir ,kali ini tentang Konfigurasi Router dan proxy server mikrotik,waktu saya Upk kemarin  konfigurasi  nya menggunakan mikrotik RB750 dengan aplikasi winbox, sebenarnya Upk kemarin  ada 4 tahap yaitu:
    1.       PERAKITAN
    2.       CABLING
    3.       INSTALASI
    4.       Konfigurasi router dan proxy mikrotik.

    Namun di karenakan minimnya  fasilitas saya, untuk menyantumkan  semua soal itu jadinya tidak bisa saya cantumkan semua soal tersebut.
    Oh ya, ketika waktu UPK akan dilaksanakan sebaiknya sobat tetap focus,pengalaman saya waktu upk kemarin, saya mengalami kendala tentang CABLING, jujur saya tidak begitu bisa dengan cabling ,saya memang hampir sempat putus asa saat cabling kemarin,tapi  saya terus mencoba ,terus yakin dan yakin bahwa  semua itu pasti bisa, meski tangan saya sakit saya tidak perduli ,karna saya harus yakin, begitu juga dengan sobat-sobat sekalian, jangan mudah untuk pasrah,putus asa, kalian harus terus mencoba ,sebelum menjelang UPK nanti, jangan sekali-sekali sobat tergesa-gesa,apalagi  grogi dan tidak PD, jujur saya juga grogi kemarin tapi, saya juga punya keyakinan, karna keyakinan grogipun semakin pudar, saya yakin,saya percaya ,percaya bahwa  saya sudah  dipercaya oleh teman2 saya, kalau saya bisa.
    Saya sempat diberi tahu teman saya bahwa jika kita mempelajari sesuatu jangan pernah hanya kita hafalin,karena kalau hanya dihafalin semua itu akan HILANG dalam arti blank, maka dari itu agar tidak blank nantinya kita harus mempelajari dengan memahaminya, jadi tidak hanya menghafalkannya saja, nah semoga pengalaman saya ini bisa menambah wawasan sobat sekalian ketika menjelang UPK nanti.

    Oke sekarang mari kita simak

    Soal UPK kemarin  topologi saya seperti gambar di bwah:










    DIKET  pada gmbr:
    Eth1 internet adalah :
    Ip               :192.168.195.17/26
    Gateway  :192.168.195.1
    Dns            :192.168.195.1



    1.        Eth2
    IP LAN : …….(IP client pertama)
    GATEWAY : 192.168.7.xxx/26 (gateway sebagai eth2 di sini saya mengisi xxx
                                                           nya dg 2 pd gateway atau ip eth2)

    2.       Eth3
    IP LAN :………(Ip client kedua)
    GATEWAY : 192.168.10.xxx/26 (gateway sebagai eth3,  disini saya mengisi xxx
                                                               nya dg 4 pd gateway atau ip eth3)
    3.       Dapat terkoneksi dengan internet dan memblock alamat situs:
    1.       www.google.com
    2.       www.facebook.com






    jawab !!!
    1.       pertama saya isi di local areanya pada ipv4 yaitu:
          IP LAN/IP client 1 nya yaitu: 192.168.7.4 (ip client bebas
          karena disini menggunakan /26 jadi, ada jarak antara 1-62
          artinya sobat bisa isi  ipnya  dari 1-62 ,namun jangan sampai lebih dr 62)

    SUBNET                             : 255.255.255.192 (karena / 26)
    GATEWAY                          : 192.168.7.2
                                                 (gateway di isi dengan  eth 2 )

    DNS                                    : 192.168.195.1
                                                 (dns di isi  dengan ip eth1 pada internet)


    2.       kedua saya isi  di local areanya pada ipv4 yaitu:
           IP LAN/IP client 1 nya yaitu : 192.168.10.8
           (ip client bebas karena disini menggunakan /26 jadi,
           ada jarak antara 1-62 artinya sobat bisa isi  ipnya  dari 1-62 ,
          namun jangan  sampai lebih dr 62)

    SUBNET                              : 255.255.255.192 (karena / 26)
    GATEWAY                           : 192.168.10.4
                                                  (gateway di isi dengan  eth 2 )
    DNS                                     : 192.168.195.1
                                                  (dns di isi  dengan ip eth1 pada internet)


    3.       langka ketiga  kita konfigurasi ROUTER mikrotik.
    1.       Buka winbox setelah itu , klik ‘’neihbor’’,klik 2x pada ‘’max address’’, loggin masukan ‘’admin’’ tanpa password,klik ’’ connect’’, ketika masuk pada program winbox, sobat   
    Bisa konfigurasikan script di bawah ini:
    [admin@RouterServer] > system identity set name= (nama sobat)          

    [admin@Nama Sobat]>ip address add interface=ether1  
                                         address=192.168.195.17/255.255.255.192

    [admin@Nama Sobat]>ip address add interface=ether2 
                                         address=192.168.195.7.2/255.255.255.192              

    [admin@Nama Sobat]>ip address add interface=ether3
                                         address=192.168.195.10.4/255.255.255.192              

    [admin@Nama Sobat]>ip route add gateway=192.168.195.1  
                                                                           (gateway eth1)
    [admin@Nama Sobat]>ip dns set servers=192.168.195.1 (dns eth1)
    [admin@Nama Sobat]>ip firewall nat add action=masquerade
                                        out-interface=ether1 chain=srcnat
    2.       Setelah router di konfigurasikan ,maka kita setting ip pd client  di ipv4 yg sudah di sebutkan di atas.
    3.       Tahap selanjutnya  yaitu konfigurasi Proxy server mikrotik, tahap ini bisa sobat lihat pada artikel sebelumnya di ‘’Konfigurasi Proxy Server mikrotik versi 5.20’’ atau sobat bisa klik disini


    Dan jangan lupa untuk  meninggalkan komentar sobat-sobat sekalian, kalau begono sekian informasi,pengalaman saya waktu UPK jika sobat menjelang  UPk nanti soalnya seperti ini, sobat  bisa mencontoh, baiklah sampai jumpa dan TRIMAKASIH



    CATATAN: untuk spasi,besar kecilnya huruf harus sesuai,
                        dan jangan sampai salah sedikitpun 
                        agar tidak terjadinya  kendala/permasalahan dan
                        apabila sobat  ingin mengcopy artikel ini,
                        silakan cantumkan alamat sumber dr blog kami,   
                        selamat mencoba dan terimakasih 

    Wasalamu’alaikum wr.wb

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Sang Pemimpi Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan